Demonstrasi Website MOLS & E-Surat

Nama: Mita Wahyu Astami

NIM: 2209116017

Kelompok: 7 (Agoda)


Demonstrasi Website MOLS & E-Surat

 

Demonstrasi Website MOLS

            MOLS atau Mulawarman Online Learning System merupakan suatu website yang memudahkan mahasiswa dan dosen dalam pembelajaran. Di website MOLS kita bisa melakukan kuis, absensi, dan lain-lainnya.

            Adapun cara penggunaannya adalah sebagai berikut:

1.     Ketik mols.unmul.ac.id,

2.     Lalu pilih student,

3.     Login menggunakan akun sia (nim dan password)

Setelah mengikuti petunjuk di atas, akan terbuka halaman awal website MOLS yang dimana terdapat menu home, profil, dan kelas.

Pada menu home, kita bisa melihat setiap informasi atau postingan dosen. Seperti absensi, kuis, materi, dan lainnya.

Di menu profil kita bisa mengunggah atau mengganti foto menggunakan almamater Universitas Mulawarman dan mengedit email. Pastikan untuk memasukkan email yang aktif. Setelah itu mengedit bisa klik update.

Pada menu kelas, kita bisa join kelas mata kuliah dengan memasukkan kode yang diberikan oleh dosen. Setelah memasukkan kode, klik cari. Lalu kirim permintaan dan refresh website MOLS. Maka kita telah berhasil masuk ke dalam kelas tersebut. Namun MOLS ini tidak seperti aplikasi belajar online lainnya. Pada MOLS ketika kita sudah bergabung ke dalam sebuah kelas, kita tidak bisa keluar dengan sendirinya. Sehingga ketika kita salah masuk kelas, bisa menghubungi dosen yang bersangkutan untuk tindakan selanjutnya.

Perlu diingat untuk mengerjakan tugas dan melakukan absen sebelum deadline yang ditentukan. Biasanya deadline ikut ditampilkan ketika dosen mengunggah tugas atau absensi. Sertakan format yang jelas ketika akan mengunggah tugas. Bisa tuliskan nama, nim, dan kelas. Tugas bisa diedit selama belum jatuh tempo.

Di MOLS terdapat kuis yang harus langsung dikerjakan di MOLS, tidak bisa di word atau yang lain. Pada kuis tersebut akan ada hitungan mundurnya. Setelah selesai mengerjakan kuis kalian bisa klik kirim dan kuis kalian akan terkirim.

Ketika kita mengeklik pada salah satu kelas yang ada, akan tampil menu-menu seperti home, silabus atau materi, dan nilai saya. Di menu silabus/materi, kita dapat melihat file yang diunggah oleh dosen. Terdapat 2 tombol, yang berwarna biru digunakan untuk hanya melihat file. Sedangkan tombol berwarna oranye digunakan untuk mengunduh file yang ada. Namun tidak semua materi muncul atau terdapat di silabus, maka kalian bisa cek di home atau beranda.

Sedangkan pada menu nilai saya, berisi penilaian dari dosen terhadap mahasiswa. Namun, tidak semua dosen memberikan nilai di MOLS. Bisa saja dosen memberikan nilai langsung ke ketua tingkat atau ke yang lainnya.

Selain fitur-fitur di atas, ada juga fitur notif yang terdapat di sebelah kanan atas. Disana kita dapat melihat apa-apa saja yang di upload dosen tanpa melihat ke home atau beranda.

Setelah menggunakan MOLS, silakan logout atau sign out agar ketika perangkat yang kalian gunakan itu diakses oleh orang lain, mereka tidak dapat membuka akun kalian dan tidak mengotak-atik akun kalian.

 

Demonstrasi Website E-Surat FT

            E-Surat atau biasa disebut elektronik surat adalah yang mengatur pengelolaan surat Fakultas Teknik Universitas Mulawarman berbasis website.

            Tujuan dari dibuatnya website tersebut adalah untuk mengurangi kontak fisik antara mahasiswa dengan pihak fakultas. Karena website ini dibuat pada zaman pandemic COVID-19. Tujuan lain dibuat website ini adalah untuk memudahkan mahasiswa dalam surat menyurat dan juga membantu mahasiswa agar tidak perlu datang ke kampus untuk membuat surat.

            Ada beberapa surat yang bisa dibuat di website E-Surat adalah surat aktif kuliah, surat berkelakuan baik, dan transkrip nilai. Adapun surat yang tidak bisa dibuat di website adalah surat rekomendasi beasiswa.

            Berikut ini cara penggunaan website E-Surat:

1.     Ketik e-surat.ft.unmul.ac.id,

2.     Pilih mahasiswa,

3.     Login dengan menggunakan akun sia,

4.     Lalu klik sign in

Setelah mengikuti petunjuk di atas, akan tampil halaman awal dari website E-Surat. Ada fitur profil yang akan digunakan untuk mengubah data-data. Ada juga fitur surat yang akan digunakan untuk membuat surat yang dibutuhkan.

Adapun cara membuat surat adalah:

1.     Klik tombol yang ada di pojok kiri,

2.     Pilih jenis surat yang akan dibuat,

3.     Upload berkas dengan format pdf,

4.     Isi peruntukan atau keperluan,

5.     Terakhir bisa klik submit dan cek progres di menu surat.

Terdapat 3 status ketika mengirim surat. Yang pertama ada pending atau menunggu persetujuan. Kedua ada reject atau ditolak. Pada kasus ini kita bisa klik detail untuk tau penyebab surat kita ditolak. Yang terakhir ada done atau berhasil dan surat sudah dibuat. Surat yang sudah dibuat bisa di simpan dan di cetak.

            Dari uraian penjelasan di atas. diharapkan mahasiswa/i dapat menggunakan kedua website tersebut tanpa ada kendala.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

artikel 1 "Mahasiswa dan Organisasi"

Apa Itu Inforsa?

Website SIPLO