Demonstrasi Website MOLS & E-Surat
Nama: Mita Wahyu Astami
NIM: 2209116017
Kelompok: 7 (Agoda)
Demonstrasi Website MOLS & E-Surat
Demonstrasi
Website MOLS
MOLS atau Mulawarman Online Learning
System merupakan suatu website yang memudahkan mahasiswa dan dosen dalam
pembelajaran. Di website MOLS kita bisa melakukan kuis, absensi, dan
lain-lainnya.
Adapun cara penggunaannya adalah sebagai berikut:
1. Ketik mols.unmul.ac.id,
2. Lalu pilih student,
3. Login menggunakan akun sia (nim dan password)
Setelah mengikuti petunjuk di atas, akan terbuka
halaman awal website MOLS yang dimana terdapat menu home, profil, dan kelas.
Pada menu home, kita bisa melihat setiap informasi
atau postingan dosen. Seperti absensi, kuis, materi, dan lainnya.
Di menu profil kita bisa mengunggah atau mengganti foto
menggunakan almamater Universitas Mulawarman dan mengedit email. Pastikan untuk
memasukkan email yang aktif. Setelah itu mengedit bisa klik update.
Pada menu kelas, kita bisa join kelas mata kuliah
dengan memasukkan kode yang diberikan oleh dosen. Setelah memasukkan kode, klik
cari. Lalu kirim permintaan dan refresh website MOLS. Maka kita telah berhasil
masuk ke dalam kelas tersebut. Namun MOLS ini tidak seperti aplikasi belajar
online lainnya. Pada MOLS ketika kita sudah bergabung ke dalam sebuah kelas,
kita tidak bisa keluar dengan sendirinya. Sehingga ketika kita salah masuk
kelas, bisa menghubungi dosen yang bersangkutan untuk tindakan selanjutnya.
Perlu diingat untuk mengerjakan tugas dan melakukan
absen sebelum deadline yang ditentukan. Biasanya deadline ikut ditampilkan ketika
dosen mengunggah tugas atau absensi. Sertakan format yang jelas ketika akan
mengunggah tugas. Bisa tuliskan nama, nim, dan kelas. Tugas bisa diedit selama belum
jatuh tempo.
Di MOLS terdapat kuis yang harus langsung dikerjakan
di MOLS, tidak bisa di word atau yang lain. Pada kuis tersebut akan ada
hitungan mundurnya. Setelah selesai mengerjakan kuis kalian bisa klik kirim dan
kuis kalian akan terkirim.
Ketika kita mengeklik pada salah satu kelas yang ada,
akan tampil menu-menu seperti home, silabus atau materi, dan nilai saya. Di
menu silabus/materi, kita dapat melihat file yang diunggah oleh dosen. Terdapat
2 tombol, yang berwarna biru digunakan untuk hanya melihat file. Sedangkan
tombol berwarna oranye digunakan untuk mengunduh file yang ada. Namun tidak
semua materi muncul atau terdapat di silabus, maka kalian bisa cek di home atau
beranda.
Sedangkan pada menu nilai saya, berisi penilaian dari
dosen terhadap mahasiswa. Namun, tidak semua dosen memberikan nilai di MOLS.
Bisa saja dosen memberikan nilai langsung ke ketua tingkat atau ke yang lainnya.
Selain fitur-fitur di atas, ada juga fitur notif yang
terdapat di sebelah kanan atas. Disana kita dapat melihat apa-apa saja yang di upload
dosen tanpa melihat ke home atau beranda.
Setelah menggunakan MOLS, silakan logout atau sign out
agar ketika perangkat yang kalian gunakan itu diakses oleh orang lain, mereka
tidak dapat membuka akun kalian dan tidak mengotak-atik akun kalian.
Demonstrasi
Website E-Surat FT
E-Surat atau biasa disebut elektronik surat adalah yang
mengatur pengelolaan surat Fakultas Teknik Universitas Mulawarman berbasis
website.
Tujuan dari dibuatnya website
tersebut adalah untuk mengurangi kontak fisik antara mahasiswa dengan pihak
fakultas. Karena website ini dibuat pada zaman pandemic COVID-19. Tujuan lain
dibuat website ini adalah untuk memudahkan mahasiswa dalam surat menyurat dan
juga membantu mahasiswa agar tidak perlu datang ke kampus untuk membuat surat.
Ada beberapa surat yang bisa dibuat
di website E-Surat adalah surat aktif kuliah, surat berkelakuan baik, dan
transkrip nilai. Adapun surat yang tidak bisa dibuat di website adalah surat rekomendasi
beasiswa.
Berikut ini cara penggunaan website E-Surat:
1. Ketik e-surat.ft.unmul.ac.id,
2. Pilih mahasiswa,
3. Login dengan menggunakan akun sia,
4. Lalu klik sign in
Setelah mengikuti petunjuk di atas, akan tampil
halaman awal dari website E-Surat. Ada fitur profil yang akan digunakan untuk
mengubah data-data. Ada juga fitur surat yang akan digunakan untuk membuat
surat yang dibutuhkan.
Adapun cara membuat surat adalah:
1.
Klik
tombol yang ada di pojok kiri,
2.
Pilih
jenis surat yang akan dibuat,
3.
Upload
berkas dengan format pdf,
4.
Isi
peruntukan atau keperluan,
5.
Terakhir
bisa klik submit dan cek progres di menu surat.
Terdapat 3 status ketika mengirim surat. Yang pertama
ada pending atau menunggu persetujuan. Kedua ada reject atau ditolak. Pada kasus
ini kita bisa klik detail untuk tau penyebab surat kita ditolak. Yang terakhir
ada done atau berhasil dan surat sudah dibuat. Surat yang sudah dibuat bisa di
simpan dan di cetak.
Dari uraian penjelasan di atas. diharapkan
mahasiswa/i dapat menggunakan kedua website tersebut tanpa ada kendala.
Komentar
Posting Komentar