Demonstrasi Website Mols & E-Surat
WEBSITE MOLS DAN E-SURAT
Demonstrasi Website Mols
Mulawarman Online Learning System (MOLS) merupakan suatu
aplikasi yang mempermudah Dosen dan Mahasiswa dalam melakukan proses belajar
mengajar secara digital seperti aplikasi E-Learning pada umumnya. Diciptakan saat
pandemi, oleh Bapak Putut Pamilih Widagdo, S.Kom M.Kom. sistem ini digunakan
oleh Dosen dalam membagikan materi, soal kuis dan tugas kepada mahasiswa yang
diajar, dan mahasiswa dapat mengerjakan tugas, kuis dan untuk materi dengan
sistem ini.
Petunjuk menggunakan
MOLS:
1. Buka web
2. Login student
3. Fitur utama home, profil, kelas di refresh setelah edit
Cara join kelas :
1. Ketik kode
2. Kirim permintaan
3. Tergabung
Pengumpulan tugas video:
Jika memang ingin mengumpulkan tugas video di mols akan
lebih baik jika diupload di youtube terlebih dahulu atau di Google drive
setelah itu salin link nya, jika tidak, maka akan memakan waktu lebih lama
ketika video diupload.
Catatan Tambahan: Jika tergabung kelas atau grup yang salah,
maka harus menghubungi dosen kelas tersebut, karena hanya dosen yang bisa
mengeluarkan anggota dari kelas/grup.
Demonstrasi Website E-Surat
E-Surat adalah
elektronik berbasis surat. Fungsi dari e-surat adalah untuk mengurangi kontak
fisik antara mahasiswa dan pihak fakultas serta memudahkan mahasiswa dalam
surat-menyurat. Akun yang digunakan di website e-surat adalah akun yang sama
yang digunakan dalam portal SIA.
Contoh surat yang bisa dibuat dalam website e-surat adalah
surat aktif kuliah, surat berkelakuan baik, transkip nilai, dll.Adapun surat
yang tidak bisa dibuat di web e-surat adalah seperti surat rekomendasi
beasiswa.
Petunjuk penggunaan e-surat :
1. Buka web https://esurat.ft.unmul.ac.id
2. Klik layanan mahasiswa, lalu masukan nim dan password
3. Masukan data diri, seperti alamat lengkap, tempat lahir,
gender, tanggal lahir, nim, tahun masuk, pilih semester, ipk, prodi, alamat
e-mail, dan nomor handphone, dan upload foto menggunakan almamater unmul.
4. Klik menu surat, lalu ketik buat surat, pilih jenis
surat, masukan slip terakhir pembayaran ukt, lalu upload surat.
5. Silahkan menunggu sekitar 2-3 hari untuk menunggu pihak
validator meng-acc surat kalian.
6. Jika surat kalian tertolak, silahkan klik button detail
untuk mengecek kesalahan apa yang bisa menyebabkan surat kalian tertolak.
7. Silahkan lakukan pengajuan ulang jika kalian sudah tahu
letak kesalahan kalian. Dan silahkan menunggu sekitar 2-3 hari lagi.
8. Klik profile di kanan atas untuk sign out.
Nama : Dinda Nur Aini
Nim : 2209116023
Kelompok : 7 (Agoda)
Komentar
Posting Komentar