Demonstrasi Website Mols & E-Surat

WEBSITE MOLS DAN E-SURAT

 

 

Demonstrasi Website Mols

Mulawarman Online Learning System (MOLS) merupakan suatu aplikasi yang mempermudah Dosen dan Mahasiswa dalam melakukan proses belajar mengajar secara digital seperti aplikasi E-Learning pada umumnya. Diciptakan saat pandemi, oleh Bapak Putut Pamilih Widagdo, S.Kom M.Kom. sistem ini digunakan oleh Dosen dalam membagikan materi, soal kuis dan tugas kepada mahasiswa yang diajar, dan mahasiswa dapat mengerjakan tugas, kuis dan untuk materi dengan sistem ini.

 

 Petunjuk menggunakan MOLS:

1. Buka web

2. Login student

3. Fitur utama home, profil, kelas di refresh setelah edit

 

Cara join kelas :

1. Ketik kode

2. Kirim permintaan

3. Tergabung

 

Pengumpulan tugas video:

Jika memang ingin mengumpulkan tugas video di mols akan lebih baik jika diupload di youtube terlebih dahulu atau di Google drive setelah itu salin link nya, jika tidak, maka akan memakan waktu lebih lama ketika video diupload.

Catatan Tambahan: Jika tergabung kelas atau grup yang salah, maka harus menghubungi dosen kelas tersebut, karena hanya dosen yang bisa mengeluarkan anggota dari kelas/grup.

 

Demonstrasi Website E-Surat

 E-Surat adalah elektronik berbasis surat. Fungsi dari e-surat adalah untuk mengurangi kontak fisik antara mahasiswa dan pihak fakultas serta memudahkan mahasiswa dalam surat-menyurat. Akun yang digunakan di website e-surat adalah akun yang sama yang digunakan dalam portal SIA.

Contoh surat yang bisa dibuat dalam website e-surat adalah surat aktif kuliah, surat berkelakuan baik, transkip nilai, dll.Adapun surat yang tidak bisa dibuat di web e-surat adalah seperti surat rekomendasi beasiswa.

 

Petunjuk penggunaan e-surat :

1. Buka web https://esurat.ft.unmul.ac.id

2. Klik layanan mahasiswa, lalu masukan nim dan password

3. Masukan data diri, seperti alamat lengkap, tempat lahir, gender, tanggal lahir, nim, tahun masuk, pilih semester, ipk, prodi, alamat e-mail, dan nomor handphone, dan upload foto menggunakan almamater unmul.

4. Klik menu surat, lalu ketik buat surat, pilih jenis surat, masukan slip terakhir pembayaran ukt, lalu upload surat.

5. Silahkan menunggu sekitar 2-3 hari untuk menunggu pihak validator meng-acc surat kalian.

6. Jika surat kalian tertolak, silahkan klik button detail untuk mengecek kesalahan apa yang bisa menyebabkan surat kalian tertolak.

7. Silahkan lakukan pengajuan ulang jika kalian sudah tahu letak kesalahan kalian. Dan silahkan menunggu sekitar 2-3 hari lagi.

8. Klik profile di kanan atas untuk sign out.

 

 

Nama : Dinda Nur Aini

Nim : 2209116023

Kelompok : 7 (Agoda)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

artikel 1 "Mahasiswa dan Organisasi"

Apa Itu Inforsa?

Website SIPLO